4 Langkah Coating Batu Alam Yang Benar

4 Langkah Coating Batu Alam Yang Benar – Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan material batu alam pada rumah Anda tentunya Anda perlu mengetahui langkah coating batu alam dengan tepat. Untuk pelaksanaannya sendiri, coating dilakukan dengan melapisi batu alam dengan sejenis larutan acrylic resin yang dibuat dengan formulasi khusus. Dalam pelaksanaannya, proses coating batu alam harus dilakukan dengan benar dan tepat. Dengan begitu, batu dapat tertutup cairan coating dengan maksimal. Karena jika langkah-langkah yang Anda lakukan sesuai dengan seharusnya maka hasil dari coating Anda akan rapi dan kuat

Baca juga:

Batu Alam Sebagai Solusi Terbaik Untuk Dinding Rumah

Cara Memasang Batu Alam Pada Dinding Rumah

Tips Perawatan Dinding Batu Alam

Coating batu alam bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, bahkan beberapa orang sudah mahir melakukannya tanpa perlu panduan. Namun, mungkin Anda adalah salah satu orang yang tergolong newbie  dalam hal ini maka artikel ini akan sangat berguna bagi Anda.

Berikut akan kami paparkan 4 langkah coating batu alam yang benar untuk dapat membantu Anda, silahkan simak di bawah ini :

1. Bersihkan Batu Alam dari Kotoran

Sebelum melakukan pelapisan atau coating, pastikan bahwa batu sudah dalam keadaan bersih. Batu yang akan dilapisi coating harus dalam kondisi bersih dari kotoran, debu, minyak, atau sisa semen yang menempel. Untuk itu, Anda bisa membersihkan permukaan batu menggunakan sikat. Atau jika kotoran sulit dibersihkan, Anda dapat menggunakan sikat kawat dan sabun. Jika lapisan batu bersih maka cairan coating dapat meresap dan menempel sempurna pada batu alam.

2. Keringkan Batu Alam yang Telah Dicuci

Setelah batu alam yang akan di coating bersih, pastikan bahwa batu sudah benar-benar kering. Itulah mengapa proses coating batu alam sangat tepat jika dilakukan pada musim panas. Selain itu, panas yang maksimal akan mambuat cairan coating cepat kering dan menempel pada batu alam dengan baik.

3. Cat Batu Alam dengan Cairan Pernis

Selanjutnya masuk ke proses inti dalam coating yaitu mengecat batu alam dengan cairan pernis. Anda bisa melakukan proses coating batu alam dengan melakukan pengecatan dan pelapisan cairan coating pada permukaan batu alam. Pengecatan ini dilakukan seperti halnya mengecat dinding. Sebagai alat bantu, Anda bisa menggunakan kuas. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa menyemprotkan cairan coating dengan menggunakan kompresor. Lakukan secara merata pada permukaan batu, jangan sampai ada bagian yang terlewatkan.

4. Ulangi Proses Pengecatan Sebanyak 1 – 2 kali

Agar hasil lebih maksimal, proses pengecatan batu alam dapat dilakukan sebanyak 2 kali. Sebelum memberi lapisan yang kedua, tunggu dulu sampai lapisan pertama sedikit mengering kira-kira 15-20 menit. Semakin banyak pemberian lapisan, maka hasilnya akan semakin baik, tidak mudah ditumbuhi lumut, sehingga awet dan tidak mudah terkorosif.

Setelah proses coating selesai, pastikan kembali bahwa coating telah dilakukan secara merata pada permukaan batu alam. Jika cuaca panas, maka lapisan coating akan cepat kering, dan keesokan harinya dapat dilihat hasilnya. Untuk proses coating sendiri, sebaiknya dilakukan secar berkala, yaitu 6 bulan sekali atau setahun sekali untuk menjaga supaya batu alam tidak mudah ditumbuhi lumut. Dan untuk setiap jenis batu, benyaknya coating juga berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kekerasan dan pori-pori yang dimiliki oleh batu alam itu sendiri.

Demikianlah 4 langkah coating batu alam yang benar yang dapat kami paparkan. Jika Anda melakukan langkah-langkah coating batu alam dengan benar, maka hasil yang akan Anda dapatkan pun akan sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga bermanfaat! 🙂

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *