Bahan Baku Batu Andesit

Batu andesit kini menjadi produk primadona dari propinsi jawa barat sebagai material utama pengganti paving blok dimana banyak sekali diaplikasikan untuk pedestrian, trotoar, carport, dan taman di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Produk andesit di olah dan dilakukan pemotongan oleh pabrik-pabrik batu alam di Kab. Cirebon dan Kab. Majalengka karena lokasi pabrik-pabrik pemotongan batu andesit tersebut barada di wilayah perbatasan antara kedua Kabupaten tersebut. Lokasi pabrik batu andesit CV.sinergi Stone sendiri tersebar di 5 tempat, empat tempat diwilayah Kab. Cirebon dan 1 tempat di wilayah Kab.Majalengka. Batu andesit di pasarkan secara massive  dan dikenal sebagai batu andesit cirebon dengan berbagai macam jenis. Pemotongan batu andesit sendiri dilakukan sejak tahun 2000 dan mengalami pergesaran jenis dan trend mengikuti perkembangan tuntutan kebutuhan pasar dan ketersediaan bahan tambang batu andesit.

andesit bintik bakar cv.sinergistone jenis manceri

Awam bagi sebagian pengguna batu andesit bahwa tambang batu andesit sendiri berasal dari Kab.Majalengka yang berada jauh dari lokasi pemotongan, karenanya usaha pemotongan dan penambangn andesit ini biasa dilakukan oleh banyak badan usaha yang berbeda sehingga tidak bisa secara terintegrasi, ini perlu diketahui bersama agar dalam penentuan regulasi persyaratan proyek yang menggunakan batu andesit tidak perlu menuntut perizinan yang terintegrasi karena fakta nya sendiri sangat kompleks di lapangan. Batu andesit sendiri dari tahun 2000 sampai dengan 2019 itu mengalami perubahan yang sangat signifikan terkait, jenis, karakteristik,  warna, dan ketersediaan stok. Untuk mempermudah pemahaman akan disebutkan nama-nama lokal jenis batu andesit itu sendiri dan pengelompokanya berdasarkan warna dari awal tahun 2000 hingga tahun 2019. Cv.sinergi stone mengklasifikasikan batu andesit berdasarkan warnanya yaitu : 1. Andesit light grey 2.andesit grey 3.andesit dark grey atau andesit hitam. Berikut nama-nama lokal batu andesit yang bisa menjadi acuan standarisasi proyek dalam menentukan pilihan produk batu andesit, seperti yang kita ketahui bahwa nama pasaran batu andesit di proyek itu sangat bermacam-macam karena memang tidak ada standarisasi nya. Bisa saja 1 jenis batu itu memiliki lebih dari 10 nama di proyek, karenanya cv.sinergi stone lebih mengedapankan komunikasi dengan gambar melalui whatsapp agar lebih memudahkan proses identifikasi batu andesit. Berikut nama-nama lokal batu andesit dari tahun 2000 hingga 2019 yang bisa menjadi acuan produk batu andesit dari cirebon : andesit pasir jotang (dark grey), andesit buligir ( grey dan dark grey), andesit bojong kaso (grey), andesit sukamandi (light grey), Andesit sumedang (light grey dan dark grey), andesit majalengka (grey), andesit Nero absolut (dark grey), andesit gunung haur (dark grey), andesit gunung koneng (grey dan dark grey), Andesit cilakar (grey dan dark grey) andesit Cipanca ( light grey dan grey), andesit cibereum (lght grey dan grey), andesit  manceri ( grey). Penamaan batu andesit tersebut lebih dari asal lokasi dimana batu tersebut ditambang, dengan banyaknya nama dan jenis batu andesit tersbut maka di perlukan kejelian dalam memilih batu andesit yang diperuntukan dalam proyek dengan volume besar dan yang paling utama harus diperhatikan adalah aspek ketersediaanya agar batu andesit yang kita inginkan bisa tersedia tepat jenis/warna, tepat jumlah, dan tepat waktu.

pemotongan batu andesit

Sinergistone merupakan pabrik pemotongan batu andesit terbesar dan telah biasa mensupplai proyek-proyek dalam volume besar, karenanya sinergistone sendiri telah memilih jenis batu andesit yang menjadi produk utamanya yang bisa di produksi setiap hari dan bisa menjadi stok untuk tujuan jangka panjang yaitu jenis andesit manceri, ini dikarenakan ketersediaan nya relatif mudah dan aman baik dimusim hujan ataupun kemarau, warnanya cenderung seragam dan tidak berubah, dan memiliki kekuatan dan kekerasan yang paling tinggi diantara jenis batu andesit lainnya. Pada saat ini tahun 2019 jenis batu andesit yang masih tersedia lokasi tambangnya dan ada dipasaran adalah andesit cipanca, andesit ciberem, andesit gunung koneng, dan andesit manceri, jenis yang lainya sudah tidak bisa ditambang lagi karena habis seperti yang kita ketahui bahwa batu adalah jenis bahan tambang yang tidak bisa diperbaharui.

gudang batu alam cv.sinergistone

Proses penambangan bahan baku andesit umumnya sangat dipengaruhi oleh cuaca, karena medanya yang ekstrim sehingga penambangan bahan baku andesit akan banyak terhambat disaat musim hujan. Kendala lain penambangan batu andesit adalah dampak lingkungan terhadap pemukiman sekitar juga terkait kepemilikan lahan dan perizinan, hampir sebagian besar lokasi penambangan batu andesit tadi berdad di lahan milik negara dan bisa mengakibatkan longsor ke pemukiman ataupun tanah produktif warga disaat musim hujan. Kendala-kendala tersebut bisa menghentikan seketika proses penambangan batu andesit sehingga tidak heran jika beberapa jenis batu andesit menghilang pada waktu tertentu dan bisa menghilang dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga bisa menaikkan harga batu jenis tertentu secara drastis.

Sinergistone memilih batu andesit manceri sebagai produk utamanya karena prinsip konsistensi kesinambungan dalam jangka yang sangat panjang. Lokasi bahan baku andesit manceri memiliki lahan yang sangat luas hampir 50 Hektar dengan akes jalan yang sangat baik dan terus di tambah serta dibenahi sehingga dalam cuaca apapun ketersediaan stoknya bisa terjamin, lokasi nya juga sangat jauh dari pemukiman penduduk dan tanah produktif milik warga sehingga dampak lingkungannya dapat diminimalisir, serta yang tak kalah pentingnya adalah proses penambangan batu andesit tersebut diatas lahan milik perorangan yang sudah menjalin kerjasama yang kuat dengan cv.sinergistone sebagai mitra utamanya sejak 6 tahun terakhir.