Batu Andesit, Harga Batu Andesit 2016 dan Pemanfaatannya

Batu Andesit, Harga Batu Alam Andesit 2016 dan Pemanfaatannya – jualbatualam.net Mengenal batu alam, tentunya tidak akan pernah lepas dari jenis batu andesit yang satu ini. Ya, batu alam andesit adalah jenis batu alam yang paling populer dan favorit di antara batu-batu alam yang lain. Batu alam andesit merupakan jenis batuan beku vulkanik dengan tekstur spesifik yang umumnya ditemukan pada lingkungan subduksi tektonik di wilayah dataran yang tinggi. Karena, batuan ini berasal dari lelehan lava gunung merapi yang meletus, batu Andesit terbentuk (membeku) ketika temperatur lava yang meleleh turun antara 900 sampai dengan 1,100 derajat Celsius. Merupakan jenis batuan beku luar. Massa Jenis 2,8 – 3 gram/cm3 Warna agak gelap (abu-abu tua). Di Indonesia batu alam andesit biasa di temukan di daerah Cirebon dan Majalengka, Jawa Barat. Hal tersebut berbanding lurus dengan adanya pusat kerajinan dan pemotongan batu alam andesit. Untuk batu Andesit di daerah Cirebon umumnya terdapat dua jenis yaitu, Batu Andesit Bintik dan Batu Andesit Polos.

Harga Batu Andesit 2016

Berikut Harga Batu Alam Per Meter Persegi 2016 dari CV. SINERGI STONE belum termasuk ongkos kirim ke luar daerah :

1. Daftar Harga Batu Alam Per Meter Jenis Andesit Polos Bakar tebal 1,4cm : 

Harga batu alam andesit polos bakar ukuran 15×30 cm = Rp. 85.000,-

Harga batu alam andesit polos bakar ukuran 20×40 cm = Rp. 90.000,-

Harga batu alam andesit polos bakar ukuran 30×30 cm = Rp. 95.000,-

Harga batu alam andesit polos bakar ukuran 30×60 cm = Rp. 100.000,-

2. Daftar Harga Batu Alam Per Meter Jenis Andesit Bintik Bakar tebal 1,4cm :

Harga batu alam andesit bintik bakar ukuran 15×30 cm  = Rp. 90.000,-

Harga batu alam andesit bintik bakar ukuran 20×40 cm = Rp. 95.000,-

Harga batu alam andesit bintik bakar ukuran 30×30 cm = Rp. 100.000,-

Harga batu alam andesit bintik bakar ukuran 30×60 cm = Rp. 105.000,-

(Harga di atas adalah harga dasar batu alam andesit, tersedia pula ukuran lain, dengan tebal, panjang, lebar bervariasi dan variasi finishing honed, polished, alur dan susun sirih dari batu andesit. Harga selengkapnya di Harga Batu Alam Cirebon)

Pemanfaatan Batu Andesit

Karena teksturnya yang keras dan padat serta warnanya yang khas, batu andesit saat ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bentuk dan fungsinya. Pemanfaatan batu alam andesit sendiri diantaranya untuk :

1. Batu Andesit untuk Dinding

Batu alam andesit untuk dinding di buat dengan bermacam-macam bentuk dan alur. Pemanfaatan batu alam inipun dapat diaplikasikan pada dinding pagar, dinding rumah baik interior maupun eksterior. Dan kantor-kantor maupun pasar swalayan sekarang banyak menggunakan jenis batu ini. Andapun dapat juga memanfaatkan batu andesit untuk dinding kolam ikan (seperti pada gambar). Dari segi bentuk finishing, batu andesit di variasikan dengan bentuk susun sirih, rata alam dan rata mesin. Sedangkan untuk alur motif batu alam andesit, divariasikan dengan alur motif lurus, alur motif napoli, alur motif diagonal, alur motif ombak, alur motif catur dll. (selengkapnya untuk alur motif batu alam andesit )

dinding kolam batu andesit
dinding kolam batu andesit

 

Dinding Batu Alam Andesit
Dinding Batu Alam Andesit Susun Sirih

2. Batu Andesit untuk Pot Batu Alam

Pot batu alam dengan pemanfaatan batu alam andesit biasanya di buat dengan menempel potongan-potongan batu alam tersebut. Pot batu alam yang di gunakan tidak hanya batu andesit, namun batu alam macam batu palimanan, batu templek, batu cupang merah juga dapat digunakan sebagai penghias badan pot. Dengan proses finishing bakar, pot batu alam dari batu andesit tersebut akan sangat kuat dan tahan lama tentunya jika di rawat dengan baik dan tepat. Kebanyakan orang memfungsikan pot itu sebagai gentong penghias interior/taman, bukan sebagai pot. Pot batu alam juga banyak diminati oleh pengelola kantor, hotel, dan apartemen. Terutama pot nan berukuran ekstra besar.

pot batu andesit
pot batu andesit

3. Batu Andesit untuk Keramik

Pemanfaatan batu alam andesit untuk keramik sudah banyak kita jumpai pada toko-toko keramik saat ini, namun untuk ukuran masih sangat terbatas jumlahnya. Tidak hanya batu alam andesit yang digunakan, sekarang hampir semua jenis batu alam digunakan untuk pembuatan keramik batu alam. Sehingga keramik jenis batu alam andesit masih sangat terbatas jika anda mencari di toko-toko keramik, alangkah baiknya jika anda memesan langsung ke pengrajin batu alam, anda dapat memesan sesuai yang di butuhkan.  (Untuk selengkapnya tentang keramik batu alam).

batu andesit bintik (honed)
batu andesit bintik (honed)

4. Batu Alam Andesit untuk Nisan

Penggunaan batu andesit untuk batu nisan dipilih karena beberapa faktor, selain tekstur yang keras dan kuat, batu andesit juga tahan terhadap berbagai cuaca, khususnya cuaca ekstrim. Karena batu nisan selalu berada diluar dan ukiran tulisan pada permukaan batu nisan pun akan tahan lama.

Proses finishing batu alam andesit sebelum digunakan atau dipasang dengan finishing bakar sangat disarankan untuk memiliki batu yang kuat dan keras sehingga tidak mudah rusak. Biasanya hal ini sudah dilakukan oleh pengrajin batu alam sebelum di perdagangkan. Dan perawatan yang rutin dan tepat akan membuat tampilan batu alam tersebut khususnya pada dinding pagar, tampak elegan dan kokoh. Hal tersebut juga karena sifat alami dari batu andesit itu sendiri. Terlebih jika anda menggunakan coating setelah pemasangan batu alam andesit, hal tersebut akan membuat batu tahan lama dan makin terlihat elegan. Semoga apa yang tertuang di atas dapat menjadi manfaat dan inspirasi bagi anda. Terima kasih atas waktu dan kunjungannya untuk membaca artikel ini, salam sahabat pecinta batu alam.

Related Post :

Rumah Batu Alam
Pagar Batu Alam
Jenis Batu Alam
Batu Alam Susun Sirih
Tips Memasang dan Merawat Batu Alam
Coating Batu Alam

Jual Batu Alam

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : 5F6E.9570)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>