Ide Desain Dinding Batu Alam Untuk Kamar Mandi Idaman Keluarga

Dinding Batu Alam Untuk Kamar Mandi – Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang keberadaannya cukup penting, karena ruangan ini akan selalu digunakan setiap harinya oleh para penghuni rumah.

Desain kamar mandi yang baik tentunya yang dapat membuat orang yang berada di dalamnya merasa nyaman dan rileks. Jika desain kamar mandi dibuat asal-asalan maka bukan tidak mungkin orang yang memasukinya justru akan merasa takut ataupun tidak nyaman.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat membuat kamar mandi lebih menarik, salah satunya adalah dengan cara mengubah tampilan kamar mandi tersebut. Hal ini dapat dimulai dari menggunakan material bangunan yang dapat memberikan keunikan bagi kamar mandi. Material yang dimaksud adalah batu alam.

Dinding Batu Alam

Dinding merupakan komponen utama yang menjadi salah satu faktor berdirinya sebuah rumah. Ada beberapa jenis material pembuatan dinding yang paling umum digunakan, di antaranya :

  1. Batu Bata Merah

dinding batu alam untuk kamar mandi
batu bata merah

Batu bata merah merupakan material yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hampir setiap rumah menggunakan batu bata merah, baik rumah yang berada di perkotaan maupun pedesaan. Material ini dipilih karena harganya yang relatif murah, karena bahan bakunya yang terbuat dari tanah liat sehingga mudah didapat dan proses pembuatannya pun sederhana. Meskipun harganya murah, namun batu bata merah memiliki kualitas yang baik dan cukup kuat. Ukuran batu bata merah yang biasa dijual biasanya adalah 25 x 12 x 5 cm atau kurang.

  1. Batu Bata Ringan

dinding batu alam untuk kamar mandi
batu bata ringan

Selain batu bata merah, material lain yang umum digunakan dalam pembuatan dinding adalah batu bata ringan. Kelebihan dari material ini adalah bobotnya yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan batu bata merah. Batu bata ringan biasanya digunakan pada bangunan bertingkat yang mana dapat mengurangi pembebanan. Hal ini dapat memberikan keuntungan karena biaya pondasi tentunya akan menjadi lebih kecil.

Kelebihan lainnya adalah karena ukurannya yang besar yaitu 60 x 20 x 10/7,7 cm, membuat pekerjaan dinding lebih cepat selesai. Batu bata ringan juga mampu menahan panas dan suara. Untuk harganya sendiri, batu bata ringan memang lebih mahal dibandingkan dengan batu bata merah, namun karena waktu pemasangannya yang cepat tentunya dapat menghemat biaya untuk upah tukang.

  1. Batako

dinding batu alam untuk kamar mandi
batako

Batako merupakan material yang terbuat dari campuran tras, kapur, pasir dan semen. Tingkat kekuatan batako lebih rendah jika dibandingkan dengan batu bata merah maupun batu bata ringan. Hal ini disebabkan karena material ini memiliki rongga di bagian dalamnya yang dapat mengakibatkan dinding lebih rentang mengalami keretakan.

Kelebihannya adalah batako memiliki sifat kedap air yang dapat membantu mencegah masuknya air hujan melalui dinding rumah. Selain itu, sama dengan batu bata ringan, pemasangan batako juga akan lebih cepat karena memiliki ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 40 x 20 x 10 cm. Sedangkan untuk kekurangannya, batako cenderung mudah menyerap panas, sehingga suhu ruangan akan menjadi lebih panas pada musim kemarau.

Definisi Batu Alam

Batu alam merupakan salah satu material yang telah banyak digunakan sebagai bahan bangunan, terutama pada proses finishing. Biasanya penggunaan batu alam hanya digunakan sebagai penghias tampilan bangunan agar terlihat lebih menarik. Kesan alami yang ditampilkan batu alam menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya.

Kelebihan Batu Alam Untuk Kamar Mandi

  • Memberikan kesan yang alami, elegan, dan mewah

Kamar mandi yang menggunakan batu alam akan memiliki kesan khusus yang baik. Jika desain kamar mandi bertema tradisional maka batu alam akan memberikan kesan alami yang indah. Sedangkan jika desain kamar mandi bertema modern maka batu alam akan memberikan kesan elegan dan mewah.

  • Membuat kamar mandi lebih terasa sejuk

Karena batu alam merupakan material dari alam, tentunya akan membuat kamar mandi terasa lebih sejuk dan segar. Terlebih jika bagian lantai kamar mandi juga dilapisi batu alam, kesan dingin yang menyegarkan tubuh akan semakin terasa adanya.

  • Jika ada batu alam yang rusak, tidak akan mempengaruhi keindahannya secara keseluruhan

Tekstur batu alam yang berbeda-beda pada setiap batunya menjadi kelebihan tersendiri, pasalnya jika salah satu batu rusak maka kerusakan tersebut tidak akan nampak jika tidak diperhatikan secara saksama.

  • Terdapat banyak ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Batu alam memiliki berbagai jenis dengan ukuran yang bermacam-macam pula. Batu alam tersedia dari ukuran yang kecil hingga yang besar. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri karena pemilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengaplikasiannya.

  • Membuat rumah bernilai jual tinggi

Logikanya, sesuatu yang dibuat dengan bahan baku yang mahal, pasti akan menghasilkan nilai jual yang tinggi. Begitu pula dengan rumah yang didesain dengan batu alam. Karena pada dasarnya harga batu alam lebih mahal dibandingkan dengan material bangunan lainnya, maka harga jual rumah tersebut juga akan tinggi. Selain itu, faktor keindahan desain yang dihasilkan oleh batu alam juga dapat mempengaruhi harga jual sebuah rumah.

Kekurangan Batu Alam Untuk Kamar Mandi

  • Warnanya tidak bisa dibuat seragam, namun justru disitulah keunikannya

Karena berasal dari alam, batu alam tentunya memiliki corak yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Sebenarnya hal ini merupakan suatu keunikan, tetapi yang membuatnya menjadi kekurangan adalah pemasangannya membutuhkan keterampilan khusus. Penyesuaian pemasangan dengan corak yang berbeda-beda tidak akan terlihat indah apabila si tukang tidak memiliki jiwa seni.

  • Ada beberapa jenis batu alam yang berpori-pori besar, sehingga harus dilapisi dengan cairan coating agar tidak mudah berjamur dan berlumut

Beberapa jenis batu alam yang memiliki pori-pori adalah batu candi, batu palimanan, batu paras jogja, batu paras kebumen, dan lain-lain. Jenis batu alam yang berpori-pori akan membuat batu mudah dimasuki air sehingga akan cepat berlumut dan berjamur. Oleh karena itu, setelah pengaplikasian selesai lanjutkanlah dengan melapisi batu alam dengan cairan coating.

  • Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik

Kualitas dan keindahan yang dimiliki batu alam sebanding dengan harganya yang terbilang mahal. Jika budget yang Anda miliki terbatas, maka penggunaan batu alam bukanlah solusi yang tepat.

  • Jika terkena coretan atau tumpahan cat maka akan sulit dibersihkan

Sebisa mungkin cobalah untuk tidak ceroboh mencorat-coret dinding batu alam. Hal ini beresiko akan sulit dibersihkan. Sebenarnya bisa, tetapi jika perekat batu alam sangat kuat maka akan sulit dilepaskan untuk diganti dengan batu yang baru.

 

Ide Desain Dinding Batu Alam Untuk Kamar Mandi Idaman Keluarga

Hampir semua jenis batu alam dapat digunakan untuk dinding kamar mandi, tinggal bagaimana perawatan yang dilakukan untuk menjaganya agar tidak mudah rusak atau berjamur. Berikut beberapa referensi dari kami :

1. Batu Andesit

dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu andesit
dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu andesit susun sirih

2. Batu Candi

dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu candi
dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu candi 2

3. Batu Templek

dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu templek
dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu templek & batu paras jogja

4. Batu Paras Jogja

dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu paras jogja susun sirih
dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu paras jogja susun sirih 2

5. Batu Jampang

dinding batu alam untuk kamar mandi
dinding batu alam untuk kamar mandi – batu jampang

Itulah beberapa ide desain dinding batu alam untuk kamar mandi yang dapat kami berikan. Semoga dapat menjadi referensi untuk Anda! 😉

BACA JUGA :

Cara Coating Batu Alam yang Benar

Tips Perawatan Dinding Batu Alam

Jual Batu Alam Untuk Penghias Kamar Mandi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *