Inspirasi Penerapan Batu Palimanan Pada Dinding, Pagar, Lantai, dll.

Definisi Batu Palimanan

penerapan batu palimanan
batu palimanan

Penerapan Batu Palimanan – Sesuai dengan namanya, batu palimanan merupakan jenis batu alam yang berasal dari sebuah Kecamatan di Kabupaten Cirebon Jawa Barat, yaitu Kecamatan Palimanan. Letak Kecamatan Palimanan berdekatan dengan Gunung Ceremai yang mana disana terdapat banyak bebukitan yang merupakan hasil dari aktivitas vulkanik dan geologi.

Batu palimanan terbentuk dari hasil endapan (sedimentasi) pasir yang terbawa oleh air dan angin, oleh karena itu batu palimanan juga disebut sebagai batuan sandstone. Biasanya batu palimanan berwarna krem dengan corak batik cokelat yang tidak beraturan. Karakteristik dari batu ini adalah rapuh dan berpori-pori. Meski begitu, batu palimanan cocok untuk diterapkan di bagian rumah manapun baik interior maupun eksterior.

Jenis Batu Palimanan

penerapan batu palimanan
batu palimanan – jenis batu palimanan

Berdasarkan warna yang dimilikinya, batu palimanan memiliki 3 jenis yang berbeda, di antaranya :

  • Batu palimanan kuning (cream palimo)

Jenis yang pertama ini memiliki warna dasar cream dan cenderung didominasi dengan warna kuning dengan corak urat kasar berwarna hitam kecokelatan.

  • Batu palimanan emas (golden palimo)

Untuk jenis batu palimanan yang kedua memiliki warna dasar keemasan dengan corak urat kuning kecokelatan.

  • Batu palimanan putih (white palimo)

Jenis yang terakhir berwarna dasar putih dengan sedikit corak kecokelatan.

Untuk karakteristiknya sendiri, batu palimanan putih memiliki tingkat kekerasan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan 2 jenis lainnya. Sehingga, jika ingin menggunakan batu palimanan pada bagian eksterior rumah maka sebaiknya gunakan jenis batu alam yang berwarna putih (white palimo).

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Batu Palimanan

Meskipun batu palimanan merupakan salah jenis batu alam yang paling populer, tetapi batu palimanan tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya pada bangunan rumah.

Kelebihan penerapan batu palimanan untuk rumah :

  • Rumah menjadi lebih berwarna dan tampak alami

Jika kebanyakan jenis batu alam berwarna abu-abu kehitaman, maka batu palimanan dapat memberikan kesan yang berbeda karena warnanya yang cenderung kekuningan. Hal ini tentunya akan membuat tampilan rumah menjadi lebih berwarna, namun tetap terlihat alami. Terlebih apabila pengaplikasiannya menggunakan finishing rata alam (RTA).

  • Mudah diaplikasikan, karena ukurannya fleksibel

Pada umumnya, segala jelas batu alam memang memiliki ukuran yang beragam, begitu juga dengan batu palimanan. Banyaknya ukuran yang bisa dipilih akan memudahkan untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Sifatnya yang lunak juga membuatnya lebih mudah untuk dipotong ataupun dibentuk.

  • Cocok diaplikasikan pada rumah model apapun

Karena warna, corak, dan ukurannya yang beragam, batu palimanan cocok untuk diaplikasikan pada rumah dengan model apapun. Baik rumah minimalis, rumah mewah dan besar, maupun rumah sederhana. Masing-masing model rumah tentunya akan memberikan kesan yang berbeda.

  • Mudah dicari dan harganya relatif terjangkau

Harga batu palimanan terbilang lebih murah dibandingkan dengan jenis batu alam lainnya. Untuk pembeliannya pun tidak sulit, karena saat ini telah banyak toko-toko bangunan yang menyediakan penjualan secara online. Toko-toko bangunan online sangat memudahkan bagi para konsumen yang ingin membeli batu alam tanpa harus mengunjungi lokasinya secara langsung.

CV. Sinergi Stone

  • Menaikkan nilai jual rumah

Meskipun harganya relatif terjangkau, namun penerapan batu palimanan pada rumah dapat membuat harga jual rumah tersebut menjadi lebih tinggi. Selain karena harga batu alam memang lebih mahal dibandingkan dengan material bangunan lainnya, penggunaan batu alam pada rumah juga membuat tampilan rumah menjadi lebih indah dan kuat. Inilah yang membuat harga jual rumah menjadi lebih tinggi.

Kekurangan penerapan batu palimanan untuk rumah :

  • Warna dan coraknya tidak seragam

Beragamnya warna dan corak yang dimiliki batu palimanan bisa saja menjadi kekurangan apabila pemasangannya tidak dilakukan dengan baik. Bukannya indah, tampilan rumah justru akan terlihat “aneh”. Maka dari itu, Anda atau tukang yang melakukan pemasangan haruslah memiliki tingkat ketelitian dan kreatifitas tinggi.

  • Cenderung rapuh dan berpori-pori

Sifat batu palimanan memang rapuh dan berpori-pori, sehingga akan mudah berjamur. Namun hal ini bukan masalah, karena bisa diatasi dengan melapisinya dengan cairan coating setelah proses pemasangan selesai. Pelapisan coating membuat pengaplikasian batu alam menjadi lebih tahan lama dan terhindar dari jamur.

  • Sulit diperbaiki apabila mengalami kerusakan

Jika batu palimanan yang telah dipasang mengalami kerusakan atau kotor, maka akan sulit dibersihkan. Satu-satunya cara adalah dengan melepasnya dan menggantinya dengan batu yang baru. Dan hal ini akan sulit untuk dilakukan apabila pekerat batu sangat erat.

Penerapan Batu Alam Pada Bangunan Rumah

1. Dinding Teras

penerapan batu palimanan
batu palimanan – dinding teras

2. Dinding Taman dengan Pola Susun Sirih

penerapan batu palimanan
batu palimanan – dinding taman

3. Dinding Ruang Keluarga

penerapan batu palimanan
batu palimanan – dinding ruang keluarga

4. Dinding dan Pagar Depan

penerapan batu palimanan
batu palimanan – dinding dan pagar depan 1

 

penerapan batu palimanan
batu palimanan – dinding dan pagar depan 2

 

penerapan batu palimanan
batu palimanan – pagar

5. Kamar Mandi

penerapan batu palimanan
batu palimanan – kamar mandi

6. Pilar Teras

penerapan batu palimanan
batu palimanan – pilar teras

7. Lantai Tangga

penerapan batu palimanan
batu palimanan – lantai tangga

Itulah beberapa inspirasi penerapan batu palimanan pada dinding, pagar, lantai, dan lain-lain yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat! 😉

Baca Juga :

4 Langkah Coating Batu Alam Yang Benar

Finishing Batu Alam & Permasalahan Seputar Batu Alam

Daftar Harga Batu Alam Terlengkap 2018 (Per M²)

——————————————————————————-

Jual Batu Alam

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • (0812-229-509-65 BBM : 7489.5EFD)
  • Email : jualbatualam.net@gmail.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *