Jenis Batu Alam Untuk Dinding Eksterior Di Indonesia

Jenis batu alam untuk dinding eksterior – di Indonesia sangat melimpah. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya batu alamnya. Macam macam jenis batu di Indonesia khas batu alam telah menjadi andalan yang digunakan untuk menjadi berbagai berbagai macam seperti seni patung, candi dan beragam peninggalan yang terbuat dari batu alam. Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, Candi Kalasan, Candi Arjuna dan candi candi lainnya adalah merupakan bukti nyata bahwa jenis batu batu atau batu alam sudah digunakan dan sudah ada sejak jaman dahulu.

Penggunaan jenis batu alam pada periode modernisasi dimulai pada awal 1960-an di mana batu alam telah digunakan untuk bangunan, namun menggunakan alat sederhana seperti pahat. Pada sekitar 1970-an para pengrajin batu alam berbakat mulai menggunakan gergaji untuk memotong batu alam.

Baca Juga :

Pada awal 1980-an mulai putaran baru batu alam di Indonesia di mana penggunaan batu alam menggunakan mesin pemotong, itu dimulai dengan dipugarnya Candi Borobudur. Sejak saat itu industri batu alam mulai berkembang pesat sampai sekarang.

Jenis jenis batu alam di Indonesia memiliki berbagai macam jenis yang menurut proses pembentukan nya sebagai berikut:

Jenis Batu Alam Cirebon

Adapun Jenis Batu Alam Cirebon yang juga di produksi oleh Pabrik Batu Alam CV. Sinergi Stone, jenis – jenis batu alam ini sangat cocok untuk dinding batu alam, lantai batu alam, tiang teras batu alam, pagar batu alam, dinding kolam hias dengan batu alam, dll. Diantara jenis batu alam Cirebon tersebut di antaranya :

Di antaranya jenis batuan sandstone (batu pasir) dan batuan lavastone (batu lava). Untuk jenis batu alam pasir (sandstone) yang berasal dari Cirebon khususnya Kecamatan Palimanan di antaranya meliputi batu alam palimanan, batu alam putih, batu alam putih cacing, batu alam cupang merah dan batu alam palem. Sedangkan batu lava (lavastone) di antaranya batu alam andesit dan batu candi merah. Batu andesit terbagi menjadi 2, batu andesit bintik dan batu andesit polos.

Jenis batu alam untuk dinding eksterior
contoh gambar jenis batu alam candi
Jenis batu alam untuk dinding eksterior
jenis batu alam andesit
jenis batu alam untuk eksterior
jenis batu alam cirebon

Dari namanya tersebut, dapat di jelaskan bahwa batuan sandstone terbentuk dari proses sedimentasi butiran-butiran pasir, sedangkan batuan lavastone terbentuk karena adanya proses pendinginan lava yang keluar dari gunung berapi. Perbedaan keduanya terletak pada karakter batuan-batuan tersebut. Batuan sandstone memiliki sifat yang padat namun agak lunak, sehingga mudah dipahat. Sedangkan batuan lavastone memiliki sifat yang keras namun ada yang padat berpori-pori kecil seperti batu andesit, dan ada yang berpori-pori besar seperti batu candi. Untuk lebih mengenal karakter masing-masing jenis batu alam cirebon di atas, selengkapnya dapat di lihat di Jenis Batu Alam Cirebon dan Karakteristiknya.

Baca Juga : 

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com 

Website Lain CV. Sinergi Stone :

– batupalimanan.com

– batuandesit.info

– hargabatualam.net 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *