7 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Yang Sedang Booming di Tahun 2016

7 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Yang Sedang Booming di Tahun 2016 – jualbatualam.net Ungkapan ini bukan suatu hal yang berlebihan jika anda mengetahui banyaknya permintaan dari jenis batu alam Cirebon, dari hari ke hari kebutuhan akan batu alam Cirebon semakin banyak, hingga pabrik batu alam kami di Cirebon sempat kehabisan stock untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, yang tidak hanya dari dalam pulau Jawa saja seperti Jakarta, Jogja, Purwodadi, Semarang namun dari luar pulau seperti Sumatera, Bangka, Bali dan Papua dan seluruh pulau-pulau di Indonesia kami pun siap melayani.

Hal yang perlu anda ketahui, dari ke 7 jenis batu alam tersebut di bedakan menjadi 2 jenis batuan yang dibedakan dari proses terbentuknya dan material pembentuk batu alam tersebut. Adapun 2 jenis batuannya meliputi batuan sandstone (batu pasir) dan batuan lavastone (batu lava). Dari namanya tersebut, dapat di jelaskan bahwa batuan sandstone terbentuk dari proses sedimentasi butiran-butiran pasir yang membeku, sedangkan batuan lavastone terbentuk karena adanya proses pendinginan lava yang keluar dari gunung berapi.

Perbedaan keduanya terletak pada karakter batuan-batuan tersebut. Batuan sandstone memiliki sifat yang padat berpori-pori kecil dengan tingkat kekerasan di bawah batuan lavastone. Sedangkan batuan lavastone memiliki sifat yang sangat keras namun ada yang padat berpori-pori kecil seperti batu andesit, dan ada yang berpori-pori besar seperti batu candi.

7 Jenis Batu Alam untuk Dinding

Untuk mengetahui secara mendalam karakter dan jenis – jenis batu alam tersebut, di artikel ini kami akan membahas satu persatudari 7 jenis batu alam, khususnya jenis batu alam Cirebon. Dan jenis batu alam ini sangat tepat jika di aplikasikan pada dinding. Berikut 7 jenis batu alam untuk dinding khas Cirebon :

1. Batu Andesit (lavastone)
Seperti yang kita ketahui, sebelumnya kita sudah membahas tentang batu andesit, mulai dari jenisnya dan pemanfaatannya. Yang mana batu andesit cirebon memiliki 2 jenis, diantaranya batu andesit bintik dan batu andesit polos. Jenis batu alam untuk dinding Jenis Batu andesit ini yang memiliki sifat keras, tidak berbekas jika di gores sangat tepat di aplikasikan pada eksterior, baik dinding rumah bagian luar maupun dinding pagar. Dengan warna abu-abu cenderung gelap, jenis batu alam andesit menampilkan kesan elegan bagi pemakainya.

2. Batu Candi Merah (lavastone)
Kebanyakan orang mengetahui batu candi berwarna hitam, namun bagi sebagian orang Cirebon mereka memiliki kebanggaan sendiri akan batu candi. Ya, batu candi asli Cirebon berwarna merah, lebih tepatnya merah hati. Jenis batu alam untuk dinding ini memiliki sifat keras, seperti batu candi hitam Jogja. Dan setiap batu candi pastinya memiliki pori-pori yang besar, ini merupakan ciri khas untuk membedakan dengan batuan lain. Namun karena pori-pori yang besar ini, batu candi sangat mudah menyerap air sehingga memudahkan memicu pertumbuhan lumut yang dapat merusak tekstur batu alam ini. Batu candi untuk sebagian orang biasanya di pasang pada dinding pagar, akan lebih indah jika dilengkapi dengan taman. Dan contoh paling umum, candi-candi di Indonesia menggunakan aplikasi batu candi untuk komponen utama bangunannya.

Jenis Batu Alam Candi
Jenis Batu Alam Untuk dinding jenis Batu Candi

3. Batu Palimanan (sandstone)
Batu Palimanan khas Cirebon berasal dari kecamatan Palimanan kabupaten Cirebon. Berdasarkan warna dan jenisnya, batu Palimanan dibedakan menjadi batu Palimanan Kuning (cream palimo), Batu Palimanan Putih (white palimo) dan Batu Palimanan Emas (golden palimo). Jenis batu alam untuk dinding ini merupakan jenis batuan sandstone yang agak lunak dan padat serta memiliki serat pada permukaannya. Batu Palimanan cocok di aplikasikan pada dinding pagar, dinding rumah bagian dalam maupun dinding luar, baik ruang keluarga, ruang tamu ataupun teras rumah.

4. Batu Cupang Merah (sandstone)
Jenis batu alam untuk dinding ini termasuk batuan sandstone yang langka dan unik, dengan warna asli merah muda, tercermin batu ini memiliki keindahan jika di aplikasikan pada dinding. Namun bukan itu saja keistimewaan batu cupang merah ini, jika diberikan cat pelapis/coating yang tepat jenis batu alam ini akan berubah warna menjadi merah. Jenis batuan sandstone ini sangat tepat di aplikasikan pada dinding rumah bagian dalam namun banyak juga di aplikasikan pada dinding luar rumah.

Jenis Batu Alam Cirebon1
Jenis Batu Alam untuk Dinding Cirebon

5. Batu Putih (sandstone)
Batu putih jika anda perhatikan memiliki tampilan seperti batu paras Jogja, tetapi batu putih Cirebon memiliki tekstur yang lebih kuat dan padat. Dengan warnanya yang putih terang, batu ini harus dirawat dengan rutin agar tampilannya tetap natural dan bersih. Jenis batu alam untuk dinding ini sangat tepat untuk memunculkan kesan vintage atau Eropa klasik pada tampilan bangunan. Adapun yang memanfaatkannya untuk lantai tepi kolam renang.

6. Batu Putih Cacing (sandstone)
Satu lagi keunikan jenis batu alam Cirebon, yang mana batu alam ini memiliki tekstur yang sama dengan batu alam putih. Tetapi batu putih cacing memiliki corak hitam pada permukaannya. Terbentuk karena adanya proses sedimentasi butiran-butiran pasir yang bermetamorfosis, sehingga membentuk corak tersebut. Batu alam ini sangat tepat jika anda menginginkan suasana yang lebih hidup pada dinding interior anda.

7. Batu Palem (sandstone)
Jenis batu alam untuk dinding ini dari segi tekstur dan corak hampir mirip dengan batu palimanan. Maka tak jarang yang tidak bisa membedakan batu palem dengan batu palimanan. Tetapi jika anda cermati batu palimanan lebih ke warna kuning dan batu palem lebih dominan berwarna kecoklatan. Batu palem ini cukup tepat di aplikasikan pada dinding teras ataupun dinding interior.

Jenis Batu Alam Cirebon
Jenis Batu Alam untuk dinding Cirebon

Semua jenis batu alam untuk dinding jika di aplikasikan pada eksterior, alangkah baiknya jika menggunakan cat pelapis/coating batu alam untuk menjaga keindahan dan merawat kealamian tekstur batu alam tersebut. Karena aplikasi pada eksterior, rawan akan perubahan cuaca yang dapat membuat batu alam mudah di tumbuhi lumut maupun jamur. Pertumbuhan lumut terjadi karena paparan sinar matahari langsung, sedangkan jamur tumbuh karena tidak terkena sinar matahari, jadi penggunaan coating batu alam sangat di sarankan.

(baca juga : harga batu alam untuk dinding terbaru)

Batu candi merupakan jenis batu alam untuk dinding yang mudah di tumbuhi lumut atau jamur karena pori-porinya yang besar. Tetapi bukan berarti batuan sandstone tidak memerlukan coating batu alam. Dengan warna-warna yang terang dari batuan sandstone, sebaiknya jika penggunaan coating batu alam di utamakan karena lumut dan jamur dapat merusak keindahan tampilan ataupun tekstur batu alam. Selain fungsi diatas, coating batu alam juga dapat memberikan penegasan dari ciri khas suatu batu alam.

Kesimpulan

Hampir semua jenis batu alam untuk dinding diperbolehkan jika di aplikasikan pada setiap dinding rumah, baik pagar, dinding eksterior maupun dinding interior. Namun semua kembali kepada selera anda masing-masing. Jika menilik dari karakter masing-masing batu, jenis batuan sandstone sebaiknya digunakan pada dinding interior, dan batuan lavastone yang keras lebih tepat digunakan pada dinding eksterior.

Saran kami, jika penggunaan batu alam untuk eksterior sebaiknya digunakan coating batu alam, seperti yang sudah di jelaskan di atas, atau selengkapnya dapat di lihat pada artikel kami sebelumnya Coating Batu Alam Penyempurna Tampilan Dinding. Semua jenis batu alam untuk dinding ini, sebenarnya dapat digunakan pada setiap sudut bangunan, baik ekterior maupun interior, seperti pada lantai batu alam andesit (selengkapnya lantai batu alam), adapula penggunaan tidak hanya pada batu alam, namun keramik batu alam juga dapat digunakan pada lantai. seperti keramik batu alam dari CV. Sinergi Stone. (selengkapnya keramik batu alam)

Related Post :

Rumah Batu Alam Inspiratif

Motif Batu Alam Cirebon

Pemanfaatan Batu Andesit

Tips Memasang dan Merawat Batu Alam

Batu Alam Susun Sirih


PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Produsen Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : 5F6E.9570)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

12 thoughts on “7 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Yang Sedang Booming di Tahun 2016

  1. Evi says:

    cari batu alam karang pilang

    1. admin says:

      untuk harga dapat di lihat di page harga batu alam
      kami menyebutnya wall clading

  2. resa says:

    Gan, kl butuh batu candi jogja sy ada gan .
    Pabrik dimuntilan .

    1. admin says:

      Anda bisa hubungi kontak bapak Slamet di bawah :

      PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

      Produsen Dan Distributor Batu Alam Cirebon
      [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
      (BBM : 5F6E.9570)
      Email : sinergistone65@gmail.com

  3. Aan says:

    mohon masukan nya kl untuk buat kolam ikan dinding dalam rekomendasi pakai batu apa yah? dan kl dinding luar kolam ikan dan area taman rekomendasinya batu apa?

    1. admin says:

      tergantung selera pak, jika anda menginginkan dinding kolam yang berwarna terang, dapat menggunakan batu putih atau batu palimanan. jika menginginkan warna gelap dapat menggunakan batu andesit. Rekomendasi yang tepat, mungkin dapat di tanyakan kepada yang ahli di bidangnya. Mksudnya ke tukang yang sudah biasa membuat kolam ikan.
      adapun desain air terjun batu alam yang dapat di gunakan untuk kolam ikan :
      Desain air terjun batu alam
      Batu Koral Sikat dan Manfaatnya
      batu koral sikat dapat juga untuk hiasan di kolam ikan dan taman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>