Kolam Hias Batu Alam, Penyegar Halaman Rumah Anda

Kolam Hias Batu Alam – Jika anda tinggal di daerah perkotaan yang penuh dengan polusi udara dan kebisingan, ada pasti membutuhkan sebuah penyegar di rumah anda. Terlebih jika anda memiliki rumah dengan halaman yang cukup luas. Anda bisa memanfaatkan luasnya halaman rumah anda dengan membuat sesuatu yang dapat mengurangi polusi udara dan kebisingan masuk ke dalam rumah.

Taman merupakan salah satu yang dapat menjadi pilihan, namun ada yang lebih menyegarkan dibandingkan taman, yaitu kolam hias. Kolam hias dapat menunjang keindahan dan keselarasan alam dalam bangunan dan menyatukan dengan lingkungan alam sekitar. Kolam hias sebagai objek hidup yang dinamis justru memberi roh kepada rumah mi lis yang kerap terkesan dingin dan kaku. Jika kolam telah menjadi pilihan untuk unsur tambahan taman, beberapa unsur lain pun perlu dipertimbangkan karena terdapat perbedaan yang mendasar dibandingkan dengan karakter taman pada umumnya. Paduan kolam dengan komposisi tanaman darat sangat menentukan kesan keseluruhan tanaman dan bisa membantu meluweskan bentuk fisik kolam.

Ada beberapa jenis material yang dapat digunakan untuk dapat membuat kolam hias, dan salah satu yang paling banyak dipilih adalah batu alam. Batu alam dipilih bukan tanpa alasan, tetapi memang jenis material ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan material lainnya.

Kelebihan Batu Alam

  1. Batu alam memiliki berbagai jenis, bentuk, ukuran, dan warna. Hampir semua jenis batu alam dapat digunakan sebagai material pembuatan kolam hias, diantaranya batu andesit, batu templek, batu pacitroso, batu paras kebumen, batu alor, batu kupang, dan batu jampang.
  2. Batu alam bersifat kuat dan tahan lama. Dengan karakteristik yang kuat dan tidak mudah pecah, batu alam sangat cocok digunakan untuk bibir kolam hias, karena meskipun akan sering terkena air dan panas batu ini akan tetap tahan. Terlebih jika setelah selesai pemasangan batu alam, anda melapisinya dengan proses coating.
  3. Pemasangan batu alam untuk kolam hias akan memberikan kesan yang sejuk, natural, dan asri. Apalagi bila ditambah dengan tekstur dari batu alam yang masih alami. Selain itu, batu alam juga terkesan fleksibel, tidak kaku, dan tidak membosankan sehingga akan sangat bermanfaat untuk memberikan penyegar bagi para penghuni rumah.
  4. Suara air dari kolam hias dapat menyaring kebisingan perkotaan. Suara percikan dari aliran air kolam sangat bermanfaat untuk meredam suara bising dari luar halaman rumah. Tentunya akan dapat menyegarkan suasana rumah.
  5. Batu alam relatif mudah untuk didapatkan. Saat ini anda sudah tidak perlu bersusah payah untuk mencari batu alam, karena sangat banyak toko-toko material yang menjualnya. Bahkan batu alam sudah dapat ditemukan pada toko-toko online di internet.
  6. Perawatan batu alam cenderung mudah, namun tetap harus dilakukan secara rutin. Jika batu kotor, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat atau kain. Agar hasilnya maksimal, anda bisa gunakan air yang telah dicampur dengan sabun pada guyuran pertama.

Baca juga :

4 Langkah Coating Batu Alam Yang Benar

Daftar Harga Batu Alam Terlengkap 2018 (Per M²)

Kekurangan Batu Alam

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, batu alam juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan dari beberapa segi, diantaranya :

  1. Ada beberapa jenis batu alam yang memiliki pori-pori besar. Pori-pori yang besar pada batu alam dapat membuat air mudah masuk dan meresap ke dalam batu, sehingga batu akan mudah berlumut dan berjamur. Oleh karena itu, anda harus sering membersihkannya dan melapisinya dengan cairan coating secara berkala.
  2. Jika terkena coretan, akan sulit diperbaiki. Batu alam yang terkena coretan atau cat akan sulit dibersihkan. Satu-satunya cara adalah menggantinya dengan batu yang baru. Penggantian batu alam akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, pemasangan batu alam umumnya sangat kuat sehingga akan sulit untuk melepasnya.
  3. Harga batu alam relatif mahal. Jika dibandingkan dengan material lainnya, baru alam cenderung lebih mahal. Ada beragam harga yang ditawarkan oleh banyak toko, sehingga anda harus teliti sebelum membelinya. Kenali dahulu karakteristik dari batu tersebut, agar anda dapat menemukan jenis batu yang tepat untuk kolam hias anda.

Cara Membuat Kolam Hias Batu Alam yang Unik dan Elegan

Memaksimalkan Batu Kali

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 1

Desain yang menarik dari kolam pancuran ini adalah pemakaian material yang didominasi batu kali dan batu bronjol. Batu-batuan tersebut disusun “asal”, tetapi jika diperhatikan membentuk satu tema. Pancuran dan dinding bambu yang dipasang membuat kolam seperti sungguhan di pedesaan. Air yang keluar dari pancuran bambu dan jatuh ke atas batuan yang ada di bawahnya berkesan natural.

Permainan Gentong yang Memikat

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 2

Perpaduan batu candi yang apik dengan pola gradasi abu-abu gelap di dinding tengah dan terang di kedua sisinya membuat kola mini terkesan dinamis. Kolam ini berhiaskan tiga buah pancuran yang keluar dari gentong merah marun. Sebagai pemanis, sebaiknya dipajang patung berbentuk burung bangau atau patung satwa lainnya. Agar tampilan dinding kolam tidak kaku, ditempel tiga buah ukiran bunga berbahan batu paras jogja tepat di bawah gentong merah.

Serba Andesit

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 3

Bentuk kolam sunkenpond ini memiliki tiga buah waterspout (air sembur) yang dipancurkan dari dinding batu andesit. Kolam ini biasanya dibangun di depan atau belakang rumah yang berdekatan dengan teras. Kolam bisa dibuat lebih panjang atau menikung, tetapi akan terlihat monoton. Ada baiknya jika batu pijakan yang tertata bersama batu koral digunakan untuk menyembunyikan bak filter dan bak pompa.

Kolam Minimalis Tropis

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 4

Kesan pertama yang didapat dari kola mini adalah minimalis. Dinding kolam yang terbuat dari batu alam makin elok dengan aksesori tempelan berbentuk kupu-kupu pada dinding kolam. Peletakan pot-pot besar di tepi kolam pun kian molek. Dalam memilih tanaman hias, sebaiknya pilih yang berdaun lebar agar mudah diangkat dan tidak membusuk bila jatuh ke kolam.

Waterfall Penyejuk Taman

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 5

Kolam berbentuk waterfall sebagai water feature menunjukkan fungsi kolam sebagai penyejuk dan penyeimbang bangunan. Kolam akan tampil dominan jika dikombinasikan dengan jenis batu alam, misalkan batu paras jogja dan andesit yang serasi. Air yang terjun ke kolam dibuat lebih dari satu agar suara air yang jatuh dan mengalir terdengar lebih jelas, sehingga benar-benar mewujudkan suasana alami.

Nyanyian Air di Kolam Tebing

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 6

Kolam artistic ini dibuat berundak enam, sehingga suara gemercik air mengundang orang untuk duduk sejenak menikmati nyanyian air yang sejuk. Perpaduan warna kolam terlihat sangat menarik. Kombinasi kemerahan batu pacitroso kontras dengan hijau pepohonan membuat tampilan kolam makin atraktrif. Suasana alam yang sejak ini dapat membuat penghuni atau orang yang berkunjung betah berlama-lama di taman.

Sejuk dengan “Ember Beton”

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 7

Kolam tak melulu permanen, menyatu dengan tanah, atau menyatu dengan dinding, pilar, maupun pagar. Kolam ini menggunakan ember cetakan beton yang dilapisi atau di finishing cat batu alam, sehingga terkesan lebih natural. Di bawah ember beton terdapat kolam sebagai tempat akhir aliran air dan pompa air. Pompa menyedot air, kemudian mendorong ke pancuran bambu. Untuk menutupi kolam bawah, digunakan batu koral putih dan hitam yang disusun secara acak.

Arung Jeram Sungai Mini

kolam hias batu alam
kolam hias batu alam – 8

Kolam hias ini sekilas seperti surge mini. Bentuknya yang mungil di sudut taman pekarangan rumah. Hulu sungai dibuat berundak, sehingga air seperti terjun. Alirannya mirip arung jeram. Batu kali, kapur, dan karang merupakan material dasar kolam hias berbentuk sungai mini ini. Susunan batu alam tersusun serampangan. Itu membuat kolam hias seakan-akan terbentuk secara alami. Arus kolam yang agak deras menimbulkan suasana yang gemercik di taman.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *