Mempercantik Lantai Garasi Rumah Dengan Batu Koral Sikat

batu koral sikat

Lantai garasi batu koral sikat – Batu koral sikat atau lebih dikenal dengan sebutan batu ampyang memang sangat ideal sebagai penghias lantai. Batu koral sikat memiliki banyak kelebihan, di antaranya adalah tidak licin, pola yang akan dibuat dapat disesuaikan sesuai selera, perawatan batu koral sikat tidak terlalu sulit bahkan bisa dibilang mudah, batu koral sikat terbuat dari bahan asli dari alam (tidak mengandung unsur kimia maupun pewarna sehingga warna batu dapat bertahan selamanya, asalkan batu tersebut tidak dibongkar) dan memberikan kesan alami yang akan membawa lingkungan sekitar menjadi indah dan segar.

Batu koral sikat sangat cocok untuk digunakan pada carport, garasi, taman, bahkan kamar mandi karena batu koral sikat cenderung mudah dibuat pola yang indah sehingga bagian rumah yang menggunakan batu koral sikat akan terlihat lebih menarik.

Meminimkan lahan taman dan diganti dengan batu sikat dapat menjadi pilihan yang tepat karena perawatan akan menjadi lebih mudah, terlihat lebih luas, lebih bersih dan lebih rapi. Pada sebagian orang yang sibuk berkarier di luar biasanya lebih memilih alternatif tersebut, karena batu sikat tidak membutuhkan perawatan extra seperti halnya tanaman hias (taman) yang setiap hari harus menyiangi tanaman tersebut.

baca juga : Model Pagar Batu Alam Cantik Untuk Menunjang Keindahan Rumah

Apabila terdapat kotoran-kotoran pada batu sikat seperti debu, pasir, tanah, bekas ban maka batu sikat cukup disiram atau disemprot dengan air dan bila kotoran tersebut sudah mengendap maka bisa dihilangkan dengan cara menyikat endapan tersebut dengan air detergent. Selain praktis batu sikat juga tidak licin, motifnya pun juga bisa diatur sedemikian rupa. Apalagi sekarang ini beragam batu temple atau hias sudah tersedia di pasar.

Ada dua cara pemasangan batu koral sikat, cara yang pertama adalah dengan disebar. Setelah adukan diratakan diatas bidang pasang, batu koral sikat kemudian disebarkan diatas adukan, setelah batu koral sikat tersebut tersebar rata, ratakan sedemikian rupa dengan sendok aduk hingga seluruh permukaan tertanam dalam adukan. Setelah adukannya setengah kering (jangan tunggu kering), sikat permukaan batu koral sikat yang masih tertanam adukan itu memakai sikat kawat tembaga yang tidak terlalu kasar sampai batu koral sikatnya tampak. Sikat kembali dengan menggunakan sikat injuk untuk semakin membersihkan adukan dari permukaan batu koral sikat. Pada proses penyikatan ini dapat lebih di optimalkan dengan menaburkan semen dan pasir kering di atas permukaan batu koral sikat dengan tujuan agar adukan basah dapat tergerus dan menempel pada semen dan pasir yang kering tadi. Semen dan pasir sisa dapat dijadikan adukan untuk bidang yang lain. Gunakan juga sponge atau busa basah untuk finishing-nya, usapkan pada seluruh permukaan batu koral sikat untuk hasil lebih baik.

Cara kedua adalah mengkolek yaitu mencampurkan langsung atara batu koral sikat dengan adukan atau acian semen. Cara ini membutuhkan sangat banyak batu koral sikat dan biasanya hanya di pergunakan untuk bidang tegak saja.

Berikut akan kami paparkan bagaimana langkah-langkah dalam membuat lantai garasi menjadi lebih cantik dengan menggunakan batu koral sikat :

  1. Persiapkan batu koral sikat yang berwarna-warni sesuai dengan selera dan keinginan, dan selera warna yang Anda sukai. Anda bisa membeli batu koral sikat di toko khusus yang menjual jenis batu alam, pastikan ukuran batu koral sikat tersebut sama besarnya agar lebih mudah dibuat pola.
  2. Persiapkan pembatas dari kayu atau besi dengan ukuran sama rata. Anda juga bisa menggunakan dengan gabus form yang biasa digunakan untuk dekorasi untuk ketebalannya Anda bisa menggunakan dengan tebal 1-2cm tergantung selera Anda. Adapun kegunaan dari pembatas ini supaya permukaan dari batu koral ini sesuai berdasarkan permukaan lantai yang sama rata dan sebagai pembatas yang dapat membentuk pola atau gambar. Kemudian sebelum melakukan pengerjaan pembatas tersebut wajib dilumuri dengan oli supaya ketika pengerjaannya nanti menjadi lebih mudah untuk dipisahkan dan tidak lengket (rekomendasi bagi yang masih pemula) kalau Anda sudah ahli maka Anda tidak perlu menggunakannya lagi.
  3. Persiapkan sikat kawat yang khusus atau bisa juga dengan menggunakan sikat baju, yang digunakan untuk menyikat batu koral sikat ini, umumnya banyak dijual di toko batu alam dan material.
  4. Persiapkan juga adukan semen yang nantinya akan berfungsi untuk mengikat dan menguatkan batu koral antara satu dengan yang lainnya. Adapun adukan pasir dan semen usahakan dengan perbandingan 1:1. Lalu tambahkan dengan air secukupnya saja dan pastikan tidak terlalu encer.

Bila semua bahan yang diperlukan di atas sudah dipersiapkan, maka Anda bisa langsung memulai pemasangan hiasan dari batu koral sikat ini dengan cara sebagai berikut:

  1. pertama-tama masukkan terlebih dahulu adukan pasir dan semen pada cetakan yang telah dibuat.
  2. kemudian tata batu koral sikat tersebut. Untuk motif sendiri Anda bisa memilihnya sesuka hati dan selera Anda dari tingkat kerumitan yang mudah, sedang ataupun rumit. Ada motif desain koral sikat diagonal kotak, ornament, logo ataupun gambar abstrak, tetapi yang lebih penting Anda sudah mempersiapkan dan pastikan cetakan yang dimulai pada pinggir cetakan terlebih dahulu.
  3. selanjutnya aplikasikan batu alam koral sikat ke dalam adonan semen, sesudah adukan semen dibubuhi oleh batu koral sikat yang setengah kering. Setelah itu batu alam koral sikat sudah dimasukkan kasut perlahan-lahan dan dengan sedikit tekanan supaya batu koral sikat menempel pada adonan semen.
  4. kemudian tunggu beberapa menit sekiranya batu koral sikat sudah menempel kuat, lalu sikatlah bagian permukaannya supaya batu koral sikat tersebut indah dan tampak jelas. Lalu kemudian gosoklah menggunakan kain basah dan biarkan sampai batu koral sikat tersebut mengering.
  5. terakhir, apabila lantai batu koral sikat atau ampyangan sudah benar-benar kering Anda bisa melapisinya dengan cairan coating atau pelapis anti jamur agar batu koral sikat tersebut lebih terlihat bercorak tajam dan menampilkan kesan naturalnya. Untuk jenis cairan coatingnya ada dua, yaitu coating minyak dan coating air. Cairan ini dapat ditemukan di toko-toko material bangunan.

Itulah cara mempercantik lantai garasi dengan menggunakan batu koral sikat agar garasi rumah Anda terlihat lebih indah dan memberikan kesan natural yang sejuk. Selamat Mencoba! 🙂

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *