Rumah Batu Alam 2 Lantai, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Rumah Batu Alam 2 Lantai – Rumah merupakan sebuah bangunan dimana manusia tinggal dan melangsungkan kehidupannya secara nyaman, damai, tentram, dan aman. Meskipun kenyamanan adalah yang paling utama, namun memiliki sebuah rumah dengan desain yang cantik merupakan impian setiap orang. Terlebih apabila kita sendiri lah yang menentukan desain dari rumah yang akan dibangun nantinya. Tentunya akan menjadi kepuasan tersendiri.

Pertimbangan Sebelum Membangun Rumah 2 Lantai

Sekarang ini, lahan yang tersedia semakin sedikit, terutama di daerah perkotaan. Hal inilah yang membuat masyarakat cenderung untuk membangun konsep hunian dengan desain bertingkat. Selain dapat menghemat lahan, rumah bertingkat juga terkesan mewah meskipun mungkin dibuat dengan desain yang biasa saja.

Namun, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah 2 lantai, di antaranya :

  • Tata Letak

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tata letak. Sebaiknya, rencanakanlah dahulu tata letak ruangan di rumah dan sesuaikan dengan kebutuhan ruang jangka panjang. Hal ini bertujuan agar rumah tidak perlu terlalu sering direnovasi, karena akan banyak memakan biaya nantinya.

Tempatkan ruangan yang bersifat pribadi di lantai atas, dan ruangan public di lantai bawah. Ruang pribadi adalah kamar tidur, sedangkan ruang public adalah ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Penempatan ini dimaksudkan untuk mengatur kenyamanan penghuni rumah ketika sedang beraktifitas di dalam rumah.

  • Konstruksi

Konstruksi merupakan hal yang paling penting ketika hendak membangun sebuah rumah, terlebih rumah 2 lantai. Pada umumnya, konstruksi hanya dirancang untuk satu lantai dengan kekuatan yang menanggung beban satu lantai saja. Pastikan konstruksi rumah 2 lantai Anda ini kokoh dan mempunyai daya dukung struktur yang kuat. Untuk hal ini, sebaiknya konsultasikan pada arsitek atau tukang bangunan yang berpengalaman, sehingga tidak akan menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.

  • Pencahayaan

Faktor pencahayaan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk rumah 2  lantai, karena jangan sampai adanya penambahan lantai malah menjadi penutup bagi akses cahaya yang masuk ke dalam rumah sehingga membuat ruangan menjadi lembab dan tidak sehat. Usahakan agar sinar matahari dapat masuk sempurna di lantai satu dan dua pada pagi dan siang hari.

  • Akses

Ketika memutuskan untuk membangun rumah 2 lantai, tentunya Anda juga harus memikirkan bagaimana akses antar lantai di rumah Anda. Penempatan tangga seharusnya mudah diakses dan tidak memberikan kesan sempit di dalam rumah. Perhatikan pula standar keamanan dan kenyaman untuk para penghuni rumah.

  • View

Lantai atas atau lantai 2 mempunyai potensi untuk melihat pemandangan di luar rumah. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan dengan memperhatikan tata letak ruangan di lantai atas. Contohnya, mengatur tata letak jendela yang ada pada lantai atas.

  • Estetika

Estetika adalah nilai keindahan yang perlu diperhatikan ketika hendak membangun atau merenovasi sebuah rumah. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan bangunan dengan harga selangit, cukup dengan manfaatkan kreatifitas yang ada pada diri Anda. Tentunya, hal ini juga bersifat subyektif. Tingkat keindahan bergantung pada selera masing-masing individu.

Batu Alam Memperindah Tampilan Rumah

Batu alam merupakan batuan yang berasal dari alam dan biasa digunakan sebagai material pembuatan bangunan. Batu ini bisa digunakan pada bagian fondasi rumah, bagian interior dan eksterior rumah, atau bahkan lantai rumah. Ada banyak jenis batu alam, namun tidak semua jenis batu alam dapat digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan atau ornamen penghias di suatu bangunan. Jenis batu alam yang bisa digunakan sebagai material pembuatan rumah atau bangunan, di antaranya :

  • Batu Andesit

Batu andesit merupakan jenis batu alam yang paling sering digunakan untuk pembuatan rumah. Batu ini sangat cocok untuk digunakan pada bagian eksterior rumah karena teksturnya yang keras, padat, dan tahan terhadap cuaca. Batu andesit juga tidak berpori, sehingga tidak akan mudah ditumbuhi lumut atau jamur.

  • Batu Palimanan

Ciri khas batu palimanan adalah warnanya yang cantik, seperti kuning, emas, coklat, dan krem dengan corak yang abstrak nan indah. Sama dengan batu andesit, batu ini juga memiliki tekstur yang keras dan tahan terhadap cuaca. Batu ini cocok untuk digunakan pada bagian interior maupun eksterior rumah.

  • Batu Candi

Dinamakan batu candi karena batu ini memang telah banyak digunakan dalam pembuatan candid an stupa pada jaman dahulu. Namun, seiring dengan perkembangan jaman batu candi ini dipakai untuk desain interior dan eksterior rumah. Bahkan, batu candi juga bisa digunakan untuk kolam hias. Ciri khas dari batu candi ini adalah warnanya yang gelap dan kehitaman, sehingga memberikan kesan yang kokoh.

  • Batu Paras Jogja

Berbeda dengan jenis batu alam sebelumnya yang bersifat keras dan tahan cuaca, batu paras jogja cenderung lunak dan kurang tahan terhadap cuaca. Namun, bukan berarti batu ini tidak bisa diterapkan pada bagian eksterior rumah. Tentu saja bisa, asalkan disertai dengan perawatan yang rutin agar batu tidak mudah terkena jamur dan lumut.

  • Batu Templek

Ada 3 jenis batu templek sesuai daerah asalnya, yaitu batu templek garut, batu templek purwakarta, dan batu templek salagedang. Masing-masing jenis batu templek tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Jadi sangat unik untuk diterapkan pada interior rumah.

  • Batu Marmer

Salah satu faktor yang membuat batu marmer banyak diminati adalah karena ia memiliki warna yang khas seperti merah, kuning, krem, dan abu-abu. Kelebihan lainnya adalah batu marmer hanya memiliki sedikit pori sehingga tidak mudah terserang jamur. Batu marmer cocok untuk diterapkan pada bagian interior maupun eksterior.

  • Batu Koral

Batu koral biasa digunakan untuk lantai atau ditebar pada taman. Hal ini berfungsi untuk mencegah lantai licin dan menambah keindahan lantai. Batu koral memiliki berbagai ukuran dadi yang kecil hingga yang besar, ada yang bertekstur halus dan kasar, dan memiliki berbagai macam warna. Batu ini termasuk ke dalam jenis batuan keras dengan tampilan yang menarik dan porositas yang rendah, jadi lumut sulit untuk hidup di atas permukaan batu ini.

Baca juga : Pilar & Gapura Batu Alam Menyempurnakan Tampilan Eksterior Rumah

Inspirasi Desain Rumah Batu Alam 2 Lantai

Sebuah rumah bertingkat tentunya membutuhkan sesuatu yang dapat membuat tampilannya lebih indah dan tidak monoton. Hal ini dapat dilakukan dengan bermain dengan warna cat dinding eksterior atau dengan menambahkan batu alam sebagai pemanis. Berikut beberapa inspirasi desain rumah batu alam 2 lantai yang dapat kami berikan :

Pilar Batu Candi Hitam Pekat Terlihat Menonjol

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 1

Batu Alam Menyempurnakan Tampilan Teras Rumah

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 2

Sedikit tapi Menarik

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 3

Sederhana, tetapi Elegan

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 4

Batu Andesit Bersanding Kokoh dengan Jendela Kaca

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 5

Cukup dengan Sebagian Kecil Batu Alam

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 6

Penuh dengan Si Manis Batu Palimanan

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 7

Bermain dengan Sedikit Sentuhan Warna Alam

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 8

Kombinasi Manis Batu Alam, Cat Dinding, dan Desain Mewah

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 9

Perkuat Tampilan Rumah dengan Batu Andesit

rumah batu alam 2 lantai
rumah batu alam 2 lantai – 10

Baca juga : 21 Penerapan Batu Alam Untuk Desain Interior Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *