3 Tips Dalam Pemasangan Keramik Batu Alam, Perlu Diketahui !!!

Tips Yang Harus Di perhatikan Dalam Pemasangan Keramik Batu Alam pada Dinding maupun Lantai – Memasang keramik batu alam pada dasarnya sama dengan keramik pada umumnya, namun yang membedakan dari keramik batu alam dengan keramik biasa adalah pada ketebalan keramik batu alam itu sendiri, yang bisa mencapai ketebalan 1 cm sehingga lebih berat dari keramik pada umumnya. Sehingga di perlukan kehati-hatian dalam pemasangannya dan di butuhkan seseorang yang sudah ahli di bidangnya.

pemasangan keramik pada lantai
pemasangan keramik pada lantai

Hal umum yang terjadi dalam pemasangan keramik batu alam, seringkali keramik di pasang dengan kurang cermat, akibatnya banyak timbul masalah seperti nat berantakan dan popping. Beberapa masalah diatas terjadi karena karena beberapa faktor, kebanyakan orang masih menganggap bahwa dalam pemasangan keramik hanya berupa biaya pembelian ubin keramik.

Dana yang disisihkan untuk pemasangan sangat sedikit dan grouting (bahan pengisi antar ubin) pun dipilih yang berkualitas rendah. Saat pemasangan keramik batu alam untuk lantai maupun dinding ada beberapa hal yang mesti di perhatikan, agar terwujudnya lantai atau dinding dengan aplikasi keramik batu alam yang tersusun rapi, awet dan tahan lama.

Tips Dalam Pemasangan Keramik Batu Alam

Dalam Proses Pemasangan Keramik Batu Alam Pada Dinding maupun Lantai, harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

– Pilihlah Nat yang baik, hal yang perlu diperhatikan pertama kali sebelum proses pemasangan keramik batu alam adalah memilih nat yang baik, dulu orang menggunakan adukan semen biasa untuk mengisi nat namun adukan seperti ini terbukti kurang baik dan memungkinkan tumbuhnya jamur. Sehingga untuk nat (grouting) gunakan bahan khusus, bahan ini mengandung plimer, jadi mampu menahan air yang memungkinkannya mencegah tumbuhnya jamur.

– Mulailah dari depan, memasang keramik batu alam agar rapi sebaiknya dimulai dari depan rumah, yaitu dari pintu depan dan kemudian bergerak kearah belakang rumah. Tujuannya adalah agar keramik yang utuh dipasang di depan sedangkan potongan keramik dipasang di belakang. Namun jika anda ingin memasang ubin dengan pola khusus atau simetris, mulailah pemasangan dari tengah ruangan.

– Mencegah ubin pecah, tidak jarang ditemui dalam pemasangan keramik tiba-tiba terangkat dan pecah dengan suara keras, seolah-olah meledak atau lebih sering disebut popping. Popping umumnya terjadi di lantai dua atau lebih. Ini karena pergerakan struktur di lantai tersebut lebih besar yang menyebabkan posisi ubin menjadi lebih tidak stabil. Sehingga jika dipasang sembarangan ubin akan terdorong ke atas dan lepas.

Selain itu popping juga bisa disebabkan oleh muai-susut keramik. Jika ubin memuai dan tidak ada tempat untuk menampung volume muainya makan keramik akan terangkat. Untuk mencegah popping alangkah baiknya untuk sisakan sedikit ruang di antara ubin keramik dan dinding saat memasang keramik. Bisa juga celah tersebut diisi dengan bahan yang elastis seperti karet atau plastic agar bisa fleksibel mengikuti pergerakan ubin. (sumber : interiorrumah.web.id)

Pemasangan Keramik Batu Alam
Keramik Batu Alam

Inilah 3 Tips yang harus di perhatikan dalam pemasangan keramik batu alam, karena pada dasarnya  mencegah lebih baik daripada mengobati. Walaupun belum di ketahui secara pasti pada keramik batu alam, yang tiba-tiba pecah pada saat sudah di pasang. Karena keramik batu alam memiliki ketebalan sekitar 10mm, lebih tebal daripada keramik pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Related Post :

– Cara dan Variasi Pola Pemasangan Lantai Batu Alam

– 6 Motif Keramik Batu Alam

5 Desain Dinding Interior Batu Alam Variasi Pemasangan Eropa

Harga Batu Alam Per Meter Persegi Untuk Dinding

Inspirasi 5 Desain Rumah Batu Alam 3M


Harga Batu Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *